Pentingnya Pelatihan DAMKAR Untuk Satpam

Bagikan

Kehidupan di masyarakat, industri atau perkantoran sangat berkaitan erat dengan api maupun listrik, seperti kegiatan memasak, bakar-bakar, atau yang berhubungan dengan instalasi listrik. Tak jarang ditemukan kejadian-kejadian tak terduga seperti kebakaran yang disebabkan oleh sesuatu yang memicu adanya api, ataupun terjadi kesalahan dalam arus listrik yang mengakibatkan kebakaran. Kejadian-kejadian seperti ini tak dapat dihindari dan akan menghabiskan rumah, gedung, dan seisinya. Setelahnya akan memberikan dampak buruk yang cukup besar akibat dari kebakaran yang terjadi. Untuk itu, kita perlu memahami prosedur evakuasi bila terjadi kebakaran. Salah satunya adalah dengan memanggil DAMKAR, yaitu pasukan yang bertugas untuk memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian-kejadian yang sifatnya membutuhkan pertolongan. 

Seorang satpam atau Satuan Pengamanan merupakan bagian dari pasukan ketertiban dalam masyarakat perlu mempelajari dan diberi pelatihan mengenai penanggulangan bencana ini, agar saat kebakaran terjadi, ada petugas yang memahami dan cepat tanggap terhadap peristiwa yang bencana, sehingga dapat meminimalisir kebakaran yang lebih besar dan menimbulkan kerugian yang lebih banyak serta menelan korban. Tujuan dari melakukan pelatihan DAMKAR adalah untuk persiapan para petugas agar siap menolong dan sanggup diberi tanggung jawab yang besar apabila terjadi bencana yang berada di lingkungan sekitar bisa teratasi secara professional. Melihat tanggung jawabnya yang begitu besar, seorang damkar perlu mengetahui SOP dalam penanganan bencana. 

Seorang damkar perlu mengenal jenis api agar sesuai penanganannya apabila terjadi kebakaran, api diklasifikasikan menjadi beberapa bagian yaitu; api kelas A berasal dari benda padat yang mudah terbakar seperti kertas, api kelas B berasal dari zat cair seperti minyak, api kelas C berasal dari hubungan listrik arus pendek, dan api kelas D berasal dari logam yang berpotensi menimbulkan ledakan. 

Setelah memahami jenis api yang membakar, selanjutnya adalah mengenal jenis alat pemadam api yang sesuai. Jenis alat tersebut diantaranya; alat pemadam api APAR Air, alat pemadam api APAR busa, alat pemadam api serbuk kimia, dan alat pemadam api karbon dioksida. 

Untuk mengenal berbagai jenis api dan cara penanganannya, perlu adanya pelatihan DAMKAR untuk para satpam agar saat terjadi kebakaran telah siap mengatasi dengan mengetahui langkah-langkah penanganannya. Salah satu tempat pelatihan DAMKAR terbaik di Bali, ada di Asta Security & Safety, Asta Security Training merupakan salah satu divisi dari PT Asta Nadi Karya Utama yang bergerak di bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia di dunia satpam. 

Bagikan