MAKNA LOGO SATPAM & JENJANG PELATIHAN SATPAM

Bagikan

Satpam adalah bentuk PAM (pasukan pengaman masyarakat) Swakarsa yang merupakan perpanjangan tangan dari POLRI dalam pelaksanaan tugas dalam area terbatas. Satpam dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya. Selain menjaga keamanan satpam juga menjadi frontliner yang membantu pelayanan di lingkungan kerjanya. Berikut adalah makna logo dan jenjang pelatihan dari satuan pengaman (satpam) :

 

Makna Logo Satuan Pengaman (SATPAM) :

1. PERISAI : melambangkan bahwa satpam adalah merupakan perisai untuk menghadapi segala ancaman dan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya.

2. GADA : melambangkan kesiap siagaan dan disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas.

3. PADI DAN KAPAS : melambangkan kesejahteraan yang merupakan tujuan dari pengamanan.

4. NYALA API : melambangkan semangat yang berkobar-kobar dan pantang mundur terhadap setiap hambatan.

6. PITA : melambangkan keluwesan dalam bertugas

 

Jenjang Pelatihan Satuan Pengaman (SATPAM) ada 3 Tingkat, yaitu :

1. Gada Pratama (dasar) : merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan antara lain : 

  • Interpersonal Skill, Etika Profesi. 
  • Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam. 
  • Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri, Pengenalan Bahan Peledak, Barang Berharga dan Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.                                                                                         
  • Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol
  • Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan 

Tujuan Pelatihan Gada Pratama yaitu menghasilkan Satuan Pengaman yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksana tugas satuan pengamanan.

2. Gada Madya ( Penyelia ) , merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran. Tujuan Pelatihan Gada Madya yaitu menghasilkan tenaga Satuan Pengaman yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan manajerial tingkat dasar dengan kualifikasi supervisor petugas Satpam.

3. Gada Utama ( Manajemen Security), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pola 100 jam pelajaran. Tujuan Pelatihan Gada Utama yaitu menghasilkan tenaga Satuan Pengaman yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan sebagai Manajer/Chief Security dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

 

*Sekian informasi mengenai satuan pengamanan. Jika berminat untuk mengetahui lebih dalam tentang satuan pengamanan swakarsa (security) ini, silahkan cek media kita lainnya atau langsung datang ke kampus Asta Learning Center di :

 

 

Jl. Gunung Galunggung No 8A, Ubung Kaja, Denpasar Utara

FB : Asta Diklat 

FB : Asta Security Training 

 Whatsap : 087869366587

web : security.astacademy.or.id

Youtube : astacademy bali

#Pelatihansatpamgadapratama

#pendidikansatpamgadapratama

#diklatsatpamgadapratama

#pendidikansatpampoldabali

#pendidikansatpamjawatimur

#pendidikansatpapoldantb

#diklatsecurity

#diklatsatpam

#dikdassatpam

#pelatihansatpamterbaik

#astalearningcenter

#Tangguhdankompeten 

#Loyalitaskebangganku 

#satpambali 

#satuanpengaman 

#gadamadya #gadautama 

#satpamjaya 

#securitybali 

#abujapi #apsi 

#astacademy 

#satpamindonesia 

#infosatpambali

#beritakeamanan

Bagikan