Penting Bagi Satpam Paham Akan Makna Lembaga Pin Gada

Bagikan

Ingin menjadi satpam, tapi belum memiliki ijazah? Setiap anggota satuan pengamanan (Satpam) tentunya harus mengikuti pendidikan dan pelatihan, loh. Kenapa harus mengikuti pendidikan dan pelatihan? Karena, pendidikan dan pelatihan satpam merupakan sebagai legalitas bahwa dirinya sebagai anggota satpam resmi di badan usaha jasa pengamanan dan kepolisisan.

Pendidikan satpam pun ada tiga tingkatan, yaitu Gada Pratama (Dasar), adalah pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam, selanjutnya Gada Madya (Penyelia) yang merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang memiliki kualifikasi Gada Pratama dan yang terakhir adalah Gada Utama (Manajemen Security) pada tingkatan ini pelatihan dapat diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan.

Nah, setiap peserta pelatihan baik Gada Pratama, Gada Madya ataupun Gada Utama akan mendapatkan pin yang berbeda-beda sesuai dengan pendidikan yang diikutinya. Warna setiap Gada dibedakan pada warna pitanya. Untuk pita yang berwarna biru diperuntukan untuk Gada Pratama, warna kuning untuk Gada Madya dan pita berwarna merah untuk Gada Utama.

Arti makna yang tergantung dalam lambang Pin Gada

Satpam merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perusahaan, karena selain menjaga keamanan satpam juga sebagai frontliner yang mambantu pelayanan perusahaan. Satpam juga sebagai bentuk PAM Swakarsa yang merupakan perpanjangan tangan POLRI, loh! Untuk melakukan tugasnya satpam dibentuk oleh instansi, proyek atau badan usaha untuk melakukan keamanan dalam rangka penyelenggaraan keamanan dan di lingkungan kerjanya.

Perlu Anda ketahui bahwa lambang Pin Gada memiliki makna, yaitu:

  1. Perisai, tersebut melambangkan daya tangkal dan daya cegah satpam dengan warna dasar kuning emas.
  2. Gambar dan Tulisan GADA ini melambangkan kesiapsiagaan dan kedisiplinan anggota satpam.
  3. Garis-garis sejumlah 25 tersebut melambangkan tanggal 17 bulan 8, yaitu hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia.
  4. Pita dengan tulisan UTAMA, MADYA serta PRATAMA melambangkan keluwesan anggota Satpam dalam bertindak sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki seperti:
  • UTAMA yang memiliki arti kualifikasi manajerial, warna dasar pada warna merah
  • MADYA  memiliki arti kualifikasi menengah, pada dasar pita berwarna kuning dan yang terakhir
  • PRATAMA mengandung pengertian kualifikasi dasar, warna pada pita berwaena biru.

Bagi anggita satpam yang tidak mengikuti pendidikan dan pelatihan mungkin akan mengalami kesulitan untuk melakukan tugas dan fungsinya. Dan untuk menjadi seorang satpam hal pertama yang harus di lakukan adalah mengikuti pelatihan satpam karena dengan pengikuti pendidikana dan pelatuhihan satpam Anda akan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang memadai dan didukung dengan kerja satuan pengamanan. Menarik, bukan?

Pendidikan dan Pelatihan Satpam

Di Indonesia sendiri konotasi masyarakat terkadang masih menganggao remeh dan memiliki pandangan sebelah mata terhadap profesi Satpam. Hal tersebut dikarenakan kesadaran masyarakat tentang keamanan belum cukup, kebanyakan menggap satpam merupakan pekerjaan yang kurang diminati oleh para pencari kerja. Citranya pun di engah masyarakat sebagai pekerjaan rendahan, tidak memiki karir dan lain-lainnya.

tidak dapat dipungkiri jika masih ada perusahaan ataupun orang yang merekrut personil satpam secara sembarangan. Syaratnya hanya asal mau saja cukup lalu diberikan seragam tanpa melalui pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Nah, di Asta Security & Safety Anda akan mendapatkan penawaran pendidikan dan pelatihan Security dengan mengedepankan budaya Asta yang konsistan pada kualialitas.

Bagaimana? Berminat mengikuti pendidikan dan pelatihan Asta Security & Safety? Yuk segara daftarkan diri Anda dan dapatkan ijazah Gada dan KTA. Inila saatnya, Anda mengikuti pelatihan, untuk informasi lebih lanjut hubungi Asta Security melalui kontak yang tertera disini!

Bagikan